Blog

PHOEN1X

PHOEN1X merupakan suatu badan usaha bergerak dibidang konstruksi, meliputi Structure, SLF (Sertifikat Laik Fungsi Gedung), Quantity Surveyor, Sondir, & Surveyor Consultant. Serta meliputi Analisa Struktur, Perkuatan, TABG dan lain-lain.

Ada banyak faktor lain yang perlu dipertimbangkan sebelum menentukan pilihan untuk membangun bangunan. Dan agar tidak menyesal dengan hasil pekerjaan konsultan perencana atau kontraktor yang Anda percayakan untuk mengerjakan proyek baru atau renovasi, pertimbakan kami, dari segi:

Memiliki Legalitas yang Jelas

Cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai jasa konsultan perencana atau kontraktor yang hendak Anda gunakan jasanya. Konsultan perencana atau kontraktor yang berkualitas biasanya memiliki situs website atau kantor yang bisa Anda kunjungi. Ketahui badan usaha yang mereka miliki, beserta izin usaha yang masih berlaku.

Konsultan perencana atau kontraktor yang berkualitas biasanya juga menawarkan jasa konsultasi dan memiliki layanan pelanggan yang memuaskan. Dengan demikian pertanyaan dataupun keluhhan Anda bisa direspon dengan cepat.

Berpengalaman dengan Hasil Kerja Berkualitas

Setelah mengetahui legalitas perusahaannya, ketahui proyek-proyek yang sudah pernah mereka kerjakan sebelumnya. Kemudian ketahui hasil kerjanya dengan langsung mengunjungi proyek yang pernah dikerjakannya. Anda bisa melihat kualitas pengerjaan kontraktor dari pemasangan lantai keramik, aplikasi cat dinding, sampai dengan pemasangan pintu dan jendela.

Jika ingin mendapat informasi lebih lengkap, Anda juga bisa bertanya kepada klien kontraktor tersebut. Semakin banyak klien yang memberi rekomendasi positif, maka semakin bagus pula kualitasnya.

Penawaran Harga yang Pas

Untuk mengetahui harga yang pas, maka Anda perlu melakukan survei harga pasaran di kota Anda terlebih dahulu. Tidak perlu memilih konsultan perencana atau kontraktor yang mahal, namun hindari juga memilih dengan penawaran harga yang sangat murah karena khawatir akan mengorbankan kualitas atau durasi pengerjaan.

Pilihlah konsultan perencana atau kontraktor dengan penawaran harga yang wajar dan disusun dalam rencana anggaran dan biaya (RAB) yang jelas. Dengan demikian Anda bisa berdiskusi dengan konsultan perencana atau kontraktor mengenai rincian biaya agar bisa disesuaikan.

Memberikan Garansi

Konsultan perencana atau kontraktor yang baik harus memberikan garansi atas hasil pekerjaannya. Tanyakan kepada penyedia tersebut apakah mereka menyanggupi jika ada kerusakan pada bangunan, seperti kebocoran atap atau talang air dan lain-lain.

Menurut banyak contoh kasus, atap adalah hal yang paling sulit dijangkau pada pemeriksaan akhir. Tentunya memeriksa kebocoran tidak bisa dilakukan saat musim kemarau. Untuk itulah jaminan garansi sangat penting untuk disepakati bersama.

Buat Surat Perjanjian Kerja (SPK)

Untuk mencegah kecurangan atau kesalahpahaman, sebaiknya Anda juga membuat Surat Perjanjian Kerja (SPK). Jelaskan detail jumlah jam kerja serta tarif harga yang disepakati kedua belah pihak dalam SPK yang dibubuhi materai Rp 6.000.

SPK ini harus dibuat dua rangkap, satu untuk Anda sebagai klien, dan satu lagi untuk pihak konsultan perencana atau kontraktor. Surat perjanjian ini juga mencegah proses pengerjaan yang lambat dan melewati deadline kesepakatan.

Jika Anda tak ingin repot-repot mencari jasa konsultan perencana atau kontraktor untuk disain atau membangun, mengapa tidak memilih kami dengan pertimbangkan di atas.

Kenapa Harus Kami atau Mandor

Pilih kami atau mandor? Memilih penanggungjawab konstruksi menjadi kunci penting dalam membangun/renovasi bangunan Anda, mengingat biaya produksi yang dikeluarkan tidak sedikit. Agar budget dan waktu pengerjaan dapat dimaksimalkan, beberapa hal berikut dapat menjadi pertimbangan Anda antara penggunaan kami atau mandor:

Image Source: pinterest.com

Structural Consultant

Apakah Anda Membuat Kesalahan ini Ketika Mendesain Bangunan?

  1. Menganggap tukang bangunan mengerti konstruksi
  2. Desain struktur hanya untuk syarat kelengkapan IMB saja
  3. Menyewa jasa konsultan struktur hanya membuang waktu dan biaya
  4. Ini cuma bangunan 3 lantai, tidak perlu konsultan struktur
  5. Semua struktur itu sama, tinggal mencontek yang ada
  6. Menganggap struktur bangunan itu tidak penting

Coba Anda perhatikan data-data berikut ini yang dikutip dari wikipedia:

  • Tahun 2004 sebanyak 230.000 orang tewas akibat gempa & tsunami Aceh
  • Tahun 2006 sebanyak 6.232 orang tewas akibat gempa Yogyakarta
  • Tahun 2009 sebanyak 1.117 orang tewas akibat gempa Padang
  • Tahun 2018 sebanyaknya orang tewas akibat gempa Lombok
  • dan masih banyak lagi…

Artinya Apa?

Bukanlah Gempa dan Tsunami yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa, melainkan karena runtuhnya bangunan tempat mereka tinggal.

“Apakah Anda ingin Mengambil Resiko Runtuhnya Bangunan yang Anda Bangun?”

Anda pasti sudah tahu akan resiko-resiko yang akan Anda hadapi jika bangunan yang Anda bangun itu runtuh (atau paling tidak pondasi turun, kolom retak, balok melendut dan pelat lantai bergetar ketika diinjak)

Akan tetapi…

Anda merasa bahwa untuk mendesain struktur bangunan yang kuat dan kokoh harus mengeluarkan dana lebih guna menyewa jasa konsultan struktur

Ini beberapa alasan kenapa Anda harus menggunakan jasa konsultan struktur:

  • Biaya Renovasi sama saja dengan Biaya Bangun Baru
  • Bangunan Runtuh artinya Urusan Panjang
  • Salah desain dan harus didesain ulang, makan waktu dan biaya lagi

Oleh karena itu…

Konsultan struktur Merupakan Cara Yang Tepat dalam Mendesain Struktur Bangunan…

Konsultan struktur akan memastikan bangunan Anda agar memenuhi syarat kuat, awet, indah, fungsional dan ekonomis.

  • Kuat dan Awet artinya bangunan tidak mudah rusak (terlebih oleh gempa) sehingga biaya pemeliharaan relatif murah
  • Indah artinya konstruksi yang ada dibentuk sedemikian rupa sehingga enak dilihat
  • Fungsional artinya tidak ada konstruksi (Pondasi, balok, atau kolom) yang sia-sia
  • Ekonomis artinya dana untuk pelaksanaan pembangunan lebih bisa dihemat

Our Services

Desain dan/ analisa struktur bangunan

  • Desain adalah mendesain struktur bangunan yang belum ada atau gambar arsitektur diterjemahkan ke dalam gambar struktur.
  • Sedangkan Analisa adalah klien sudah mempunyai gambar struktur/bangunan sudah berdiri dan ingin di periksa/checking kondisi strukturnya.

Analisa kelayakan struktur bangunan

  • Dilakukan atas permintaan klien untuk memeriksa kelayakan struktur bangunan. Analisa kelayakan struktur dilakukan dengan cara mensurvey bangunan eksisting serta mengumpulkan data untuk kemudian dianalisa.

Detail Engineering Design (DED) struktur

  • Detail engineering design adalah gambar perencanaan struktur sebagai pedoman bagi klien untuk mengadakan tender atau pelaksanaan konstruksi.

SLF (Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung)

Sertifikat Laik Fungsi bangunan atau SLF adalah sertifikat yang diberikan oleh Pemerintah Daerah terhadap bangunan gedung yang telah selesai dibangun dan telah memenuhi persyaratan kelaikan fungsi berdasarkan hasil pemeriksaan kelaikan fungsi bangunan gedung sebagai syarat untuk dapat dimanfaatkan.

Tujuan Diterbitkannya Sertifikat Laik Fungsi Bangunan

Fungsi dan tujuan diterbitkannya Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung adalah:

  1. SLF merupakan persyaratan untuk dapat dilakukannya pemanfaatan bangunan gedung.
  2. SLF diberikan kepada bangunan gedung yang telah selesai dibangun dan memenuhi persyaratan keandalan bangunan gedung serta sesuai dengan izin yang diberikan

Pemeriksaan kelaikan fungsi bangunan gedung berdasarkan kesesuaian IMB yang telah diberikan, mencakup:

  • kesesuaian fungsi;
  • persyaratan tata bangunan;
  • keselamatan;
  • kesehatan;
  • kenyamanan; dan
  • kemudahan dalam perawatan dan pemeliharaan.

Bangunan gedung yang telah memenuhi persyaratan kelaikan fungsi dan fungsi penggunaannya sesuai dengan IMB, diberikan SLF. SLF diterbitkan dengan masa berlaku 5 Tahun untuk bangunan umum dan 10 Tahun untuk bangunan rumah tinggal.

Pemeriksaan secara berkala bangunan gedung harus dilakukan oleh pemilik dan/atau pengguna bangunan gedung dan dapat menggunakan penyedia jasa pengkajian teknis bangunan gedung yang memiliki sertifikat sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Sebelum masa berlaku SLF habis, maka harus diajukan kembali permohonan perpanjangan SLF, dengan dilengkapi laporan hasil pengkajian bangunan gedung (yang harus dibuat oleh pengkaji yang memiliki Izin Pelaku Teknis Bangunan/ IPTB).

Pemeriksaan secara berkala bangunan gedung harus dilakukan untuk seluruh atau sebagian bangunan gedung, komponen, bahan bangunan, dan/atau prasarana dan sarana dalam rangka pemeliharaan dan perawatan bangunan gedung, guna memperoleh perpanjangan SLF.

KELENGKAPAN PERSYARATAN SLF (setelah Proses Pembangunan Bangunan Gedung selesai)

1. Berita acara telah selesainya pelaksanaan bangunan dan sesuai IMB.

2. Laporan Direksi Pengawas lengkap (1 set) yang terdiri dari :

a.Fotokopi Surat Penunjukan Pemborong dan Direksi Pengawas berikut Koordinator Direksi Pengawasnya ;
b.Fotokopi TDR/SIUJK Pemborong dan surat izin bekerja/SIPTB Direksi Pengawas ;
c.Laporan lengkap Direksi Pengawas sesuai tahapan kegiatan ;
d.Surat Pernyataan dari Koordinator Direksi Pengawas bahwa bangunan telah selesai dilaksanakan dan sesuai IMB.

3. Fotocopy IMB (1 set) yang terdiri dari :

a.Surat Keputusan IMB ;
b.Keterangan dan Peta Rencana Kota lampiran IMB ;
c.Gambar arsitektur lampiran IMB.

4. Untuk bangunan tinggi, selain dilengkapi persyaratan sebagaimana dimaksud dalam angka 1 s/d 3, harus dilengkapi juga dengan Rekomendasi dan Berita Acara dari Instansi terkait tentang hasil uji coba instalasi dan perlengkapan bangunan, yang meliputi :

a. Instalasi Listrik Arus Kuat dan Pembangkit Listrik Cadangan/ Genset,
b. Instalasi Kebakaran (system alarm, instalasi pemadaman api, hydran, dsb.)
c. Instalasi Transportasi Dalam Gedung (Lift), Instalasi Tata Udara dalam Gedung (AC)
d. Instalasi Air Bersih (+Sumur Dalam) dan Buangan Air Kotor.

5. Foto:

a. Bangunan
b. Perkuatan utk keamanan bangunan
c. Foto Sumur Resapan Air Hujan disertai gambar SRAH, ukuran dan perhitungan kebutuhan dan pelaksanaannya.

Jika Anda tak ingin repot-repot mencari jasa konsultan, mengapa tidak memilih kami dengan pertimbangkan di atas.

Image Source: pinterest.com (Catalyst For Business)

Quantity Surveyor

Profesi Quantity Surveyor (QS) merupakan suatu konsultan teknik khususnya dibidang Cost Engineering dan Cost Management, dimana lingkup tugas utamanya adalah membantu para klien dalam merencanakan dan mengendalikan budget (dana) dan biaya pelaksanaan proyek, sejak dimulainya tahap pra rencana (ConceptDesign) hingga selesainya pembangunan (Construction) suatu Proyek.

Tujuan yang hendak dicapai adalah agar pembangunan dapat dilaksanakan dengan dana dan biaya seekonomis mungkin tanpa mengurangi dari segi penampilan (performance), kwalitas/mutu (quality) dan waktu pelaksanaan (ConstructionTime).

Pada umumnya Quantity Surveyor merupakan salah satu anggota dari Team Konsultan yang dikoordinir oleh Arsitek maupun Project Management Team, yang di dalam menjalankan profesinya Quantity Surveyor tetap berada dalam posisi yang independent.

Pelatihan-pelatihan khusus disamping pengalaman dan pengetahuan yang luas tentang sistim pengendalian dan perencanaan biaya (cost control dan costplaning), merupakan salah satu faktor di dalam meningkatkan pengetahuan dan kinerja profesi Quantity Surveyor. Pengalaman dan pengetahuan akan hal ini jarang dimiliki oleh seorang Arsitek, Engineer, Owner atau Developer dan Contractor’s/Builder.

Arsitek lebih menekankan kepada perancangan dan perencanaan bentuk dan estetika suatu bangunan sedemikian rupa, sehingga diperoleh suatu bangunan yang fungsional dan estetik dan sesuai dengan lingkungan disekitarnya.

Structural Engineer merupakan Konsultan yang merencanakan dan menghitung dimensi elemen suatu bangunan seekonomis dan seefisien mungkin, tanpa mengorbankan faktor keamanan dan kekuatan Struktur itu sendiri di dalam memikul beban, dan tetap dipertimbangkan pula dari segi Perencanaan Arsitek.

Mechanical, Electrical dan Plumbing (MEP) Engineer adalah sebagai Konsultan yang merancang dan merencanakan seluruh sistim MEP, sehingga dapat berfungsi dan memenuhi syarat sebagaimana mestinya.

Selain profesi di atas masih ada Konsultan lainnya seperti Interior Designer, Landscape, Architect, Lighting Consultant, Acoustic Consultant, Kitchen/Laundry Consultant, yang kesemuanya merupakan suatu tim yang terpadu di dalam penanganan suatu proyek khususnya hotel, apartment, restaurant dan lain-lain.

BERIKUT INI TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB UTAMA QUANTITY SURVEYOR ANTARA LAIN ADALAH:

  1. Memahami hal terkait volume, harga satuan, dan tata cara pembayaran yang dijelasakan dalam dokumen lelang atau dokumen kontrak.
  2. Melakukan survey lapangan awal sebelum dilakukan pekerjaan
  3. Membuat bill of quantity sesuai dengan gambar kerja, data teknik lapangan, dan spesifikasi teknis yang digunakan pada pekerjaan proyek konstruksi tersebut
  4. Melakukan evaluasi atas kebutuhan sumber daya yang dibutuhkan di lapangan seperti, bahan, alat dan dana yang dibutuhkan untuk pelaksanaan pekerjaan
  5. Mengevaluasi jadwalkan pekerjaan agar tidak terjadi keterlambatan pelaksanaan pekerjaan agar proyek selesai sesuai dengan waktu yang ditetapkan.
  6. Menghitung jumlah volume, bahan, serta tenaga kerja yang dibutuhkan untuk pelaksanaan pekerjaan.
  7. Memeriksa perubahan terkait volume pekerjaan di lapangan
  8. Mempersiapkan data terkait pengajuan penagihan hasil pekerjaan
  9. Memeriksa dan menghitung hasil pekerjaan sub kontraktor
  10. Melakukan survey akhir terhadap pekerjaan ketika pekerjaan telah selesai dikerjakan
  11. Memberikan penjelasan dan saran terkait permasalah yang timbul di lapangan.
  12. Memberikan saran dan data yang dibutuhkan kepada site manager

KENAPA HARUS MENGGUNAKAN JASA QS?

Agar Owner memperoleh suatu nilai/angka Penawaran Mengendalikan dan memonitor biaya-biaya yang timbul akibat adanya perubahan- perubahan dalam pelaksanaan, dan menilai serta mengevaluasi klaim-klaim yang diajukan Pemborong sehubungan dengan pekerjaan-pekerjaan perubahan tersebut dan klaim progress of works  Melakukan cost control dan Monitoring pada tahap perencanaan dan pelaksanaan agar cash flow yang sudah direncanakan tidak terganggu. Melindungi kepentingan Owner dari segi financial selama tahap Pra – design hingga Pelaksanaan sehingga biaya-biaya yang semestinya tidak perlu dikeluarkan oleh Owner dapat dihindarkan.

Image Source: pinterest.com

Penyelidikan Tanah dengan Sondir

Sondir atau Cone Penetrometer Test atau CPT adalah suatu uji dengan melakukan penetrasi konus ke dalam tanah yang bertujuan untuk mengetahui daya dukung tanah tiap kedalaman tertentu berdasarkan parameter-parameter perlawanan tanah terhadap ujung konus dan hambatan akibat lekatan tanah dengan selubung konus.

Dengan alat sondir (penetrasi quasi statik). Parameter tersebut berupa perlawanan konus (q), perlawanan geser (fs), angka banding geser (Rf), dan geseran total tanah (T), yang dapat digunakan untuk interpretasi perlapisan tanah yang merupakan bagian dari desain fondasi.

Pada bagan alir berikut digambarkan alur pengujian dengan sondir mulai dari persiapan, prosedur pengujian, pengulangan langkah-langkah pengujian, penyelesaian pengujian sampai dengan perhitungan hasil sondir dan penyajian grafik sondir.

Jika Anda tak ingin repot-repot mencari jasa konsultan, mengapa tidak memilih kami dengan pertimbangkan di atas.

Project Management

KENAPA HARUS MEMBUTUHKAN “Project Management”

Seiring perkembangan waktu, pengelolaan proyek semakin menuntut pelaku untuk mampu melakukan kendali dan mengatasi setiap masalah yang muncul. Hal ini karena konflik dalam proyek baik konflik schedule, sumber daya, kepentingan, dan konflik yang lain akan semakin tinggi oleh waktu.
Sebagai bahan pertimbangan, di bawah ini disampaikan suatu resume pendapat tentang manajemen proyek saat dulu dan sekarang.

Pandangan Dulu Pandangan Sekarang
Manajemen proyek memerlukan lebih banyak orang dan menambah biaya overhead Manajemen proyek akan memberikan kita penyelesaian lebih banyak pekerjaan dengan waktu yang lebih singkat dan pegawai yang lebih sedikit
Keuntungan dapat menurun Keuntungan akan meningkat
Manajemen proyek akan meningkatkan jumlah perubahan lingkup Manajemen proyek akan memberi kendali yang lebih baik atas perubahan lingkup
Manajemen proyek menimbulkan ketidakstabilan organisasi dan meningkatkan konflik Manajemen proyek membuat organisasi lebih efisien dan efektif lewat prinsip perilaku organisasi
Manajemen proyek akan menciptakan masalah Manajemen proyek memberikan arti dalam penyelesaian masalah
Hanya proyek besar yang membutuhkan manajemen proyek Semua proyek akan untung dari manajemen proyek
Manajemen proyek akan meningkatkan masalah Manajemen proyek meningkatkan kualitas
Manajemen proyek akan menimbulkan masalah otoritas Manajemen proyek akan mengurangi kerja keras
Manajemen proyek fokus pada suboptimasi dengan melihat hanya pada proyek Manajemen proyek memberikan orang cara untuk membuat keputusan perusahaan yang baik
Manajemen proyek memberikan hasil produk kepada Konsumen Manajemen proyek menghasilkan solusi
Biaya Management proyek membuat tidak kompetitif Manajemen proyek akan meningkatkan bisnis

(Harold Kerzner, Ph.D)

Secara rasional, rasanya harus diakui bahwa mau tidak mau, pengelolaan proyek harus semakin baik dari waktu ke waktu. Suatu penelitian mengenai keuntungan perusahaan yang menggunakan manajemen proyek yang diambil dari Harvard Business Review, disajikan pada tabel berikut:

Keuntungan Persentase Responden
Kontrol proyek yang lebih baik 92%
Hubungan pelanggan yang lebih baik 80%
Waktu pengembangan produk yang lebih pendek 40%
Biaya program yang lebih rendah 30%
Kualitas dan kehandalan yang meningkat 26%
Marjin profit yang lebih tinggi 24%
Kontrol yang lebih baik pada keamanan program 13%

Jadi pilihannya ada pada para pelaku proyek. Apakah ingin mengelola proyek dengan mengharapkan keberuntungan atau meningkatkan kemampuan pengelolaan proyek lewat manajemen proyek yang baik. Pilihan ada di tangan Anda…

Menggunakan Jasa Konsultan

Ketika kita ingin membuat atau merenovasi bangunan, cara yang bisa kita pergunakan untuk membuat bangunan impian ada tiga macam, yaitu:

  1. Merancang dan Mengurus Segala Sesuatunya Sendiri Bila ini yang kita pilih, maka kita harus menyediakan waktu khusus untuk merancang bangunan seperti apa yang kita inginkan. Tak cukup hanya itu, kita juga perlu mencari bahan-bahannya sendiri. Setelah bahan-bahan terkumpul tugas kita berikutnya adalah mencari tukang yang sesuai. Intinya, semua kegiatan diatur oleh kita, mulai dari a-z kitalah yang bertugas mengatur semuanya hingga bangunan siap difungsikan.
  2. Borongan Bila menggunakan cara ini, maka tugas kita tak begitu berat seperti nomor satu. Tugas pokok kita adalah: mendesain bangunan, mencari bahan-bahan, dan mencari orang yang siap memborong (disebut juga mandor). Tugas mandor adalah memimpin para tukang dan mengatur pekerjaan serta pembayaran mereka hingga rumah selesai dan siap dihuni. Bisa dibilang, bila kita memilih jasa borongan maka kita hanya perlu mengerahkan tenaga dan pikiran kita sebesar 50%.
  3. Menggunakan Jasa Konsultan bila kita memilih untuk menggunakan jasa Konsultan, maka kita tak perlu memikirkan apa-apa lagi. Kita hanya tinggal bilang ke jasa Konsultan tersebut tentang bangunan seperti apa yang mereka inginkan. Kemudian, tugas kita adalah menunggu dan menyiapkan dana hingga bangunan kita selesai. Mudah bukan, kita tak perlu pusing memikirkan desain atau bahan-bahan bangunan karena semua itu sudah kita serahkan kepada jasa Konsultan. Namun demikian, tak bisa dipungkiri bahwa kita juga harus siap mengeluarkan dana lebih ketika memakai jasa mereka.

Mana yang Lebih Enak?

Sebenarnya memakai jasa Konsultan adalah jalan yang paling mudah dan enak ketika kita berencana untuk merenovasi atau membangun. Bila dipikir-pikir, biaya yang kita keluarkan juga sebanding dengan apa yang kita dapatkan. Kita tak perlu lagi memikirkan bagaimana bentuk bangunan kita apakah sesuai atau tidak dengan yang kita inginkan, karena sang Konsultan pasti akan membuatkan sesuai dengan keinginan kita, apalagi tentunya kita memilih jasa Konsultan professional.

Dengan menggunakan jasa Konsultan (professional) kita juga bisa menghemat waktu. Biasanya para Konsultan sudah memiliki rencana dalam jangka waktu berapa bangunan kita akan selesai. Bila jasa Konsultan tersebut sudah professional dan terkenal, mereka tak akan mau menipu klien dengan mengulur-ulur pekerjaan, karena bagi mereka kepuasan klien adalah segalanya.

Jadi, apakah kita ingin menggunakan jasa Konsultan ataukah tidak? Semuanya tergantung pada diri kita sendiri. Tapi bila boleh memilih, sebaiknya kita menggunakan jasa Konsultan professional untuk meminimalisir risiko.

Untuk jasa Konsultan yang murah namun berkualitas silahkan hubungi kami untuk konsultasi gratis.

Meminimalisir Harga Renovasi Bangunan

Bagaimana cara untuk meminimalisir harga renovasi bangunan?

Setiap pemilik bangunan tentunya menginginkan bangunan yang bagus dengan harga yang tidak terlalu mahal. Ketika sebuah bangunan yang sudah lama ditempati ingin direnovasi, tentunya pertimbangan pertama yang akan dipikirkan oleh sang pemilik bangunan adalah biaya atau harga renovasi bangunan. Apalagi bila bangunan tersebut memerlukan banyak renovasi, sudah bisa dibayangkan bila harga renovasi bangunan tersebut akan melambung tinggi.

Namun demikian, sebenarnya kita bisa meminimalisir harga renovasi bangunan. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan, yaitu:

  1. Pilihlah waktu renovasi bangunan secara tepat.

Waktu renovasi sedikit banyak juga akan mempengaruhi harga renovasi bangunan. Misalnya, kita merenovasi bangunan pada saat musim hujan, tentu saja waktu yang akan kita keluarkan akan lebih banyak dibandingkan bila kita merenovasi bangunan pada saat musim kemarau. Waktu yang boros tersebut sama artinya dengan kita telah menghambur-hamburkan banyak uang. Itu sebabnya memilih waktu renovasi bangunan juga mempengaruhi harga renovasi.

  1. Desain bangunan dengan tepat.

Mungkin kita bisa mendesain sendiri bila kita memiliki kemampuan untuk itu. Namun, bila kita tidak memiliki kemampuan mendesain bangunan dengan baik dan kita sama sekali buta pengalaman dan pengetahuan tentang itu, maka mendesain bangunan yang akan direnovasi sama artinya dengan bunuh diri. Sekilas kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mendesain dengan menyewa seorang arsitek, namun lihat saja, apakah bangunan kita mampu bertahan dalam jangka panjang, atau malah sebaliknya, bangunan kita sering kita renovasi karena tak sesuai harapan. Dan itu artinya sebenarnya kita malah memboroskan uang untuk renovasi bangunan.

  1. Pilih bahan lama atau baru.

Bahan-bahan atau material yang akan kita gunakan untuk merenovasi bangunan juga berpengaruh pada harga renovasi bangunan. Bila kita menggunakan bahan lama, maka sekilas kita nampak sedang menghemat. Namun, bisa saja yang terjadi malah sebaliknya. Bila bahan lama tersebut ternyata sudah tidak layak lagi, maka pemakaian ia kembali malah akan merusak konstruksi bangunan. Untuk memastikan apakah bahan atau material yang lama masih bisa dipakai atau tidak, sebaiknya kita berkonsultasi pada yang sudah berpengalaman.

Merenovasi bangunan adalah salah satu cara yang dipergunakan pemilik bangunan untuk memperindah bangunan. Pemilihan waktu, bahan, dan desain yang tepat adalah cara-cara yang bisa dipergunakan untuk meminimalisir harga renovasi. Coba saja!

Untuk harga renovasi bangunan yang murah namun berkualitas silahkan hubungi kami untuk konsultasi gratis

Source Image: appfluence.com

Biaya Renovasi Bangunan

Setiap pemilik bangunan pasti menginginkan bangunan yang mereka huni selalu nampak indah dengan biaya renovasi bangunan murah. Terlebih di zaman modern ini, bangunan tak hanya digunakan sebagai tempat tinggal dan istirahat semata, namun juga dipergunakan sebagai tempat yang bernilai estetika. Untuk itulah, banyak orang rela mengeluarkan uang melebihi kemampuan hanya untuk merenovasi bangunan agar nampak lebih indah daripada sebelumnya.

Padahal, biaya renovasi bangunan sebenarnya bisa murah atau tak perlu melebihi kemampuan. Bagaimanapun juga, kebutuhan manusia tak hanya berkutat pada masalah bangunan saja bukan, namun juga masih banyak kebutuhan lainnya yang perlu dipikirkan.

Untuk itulah, diperlukan cara cerdas dan cermat agar biaya renovasi bangunan bisa murah dan terjangkau tak sampai melebihi kemampuan.

Beberapa langkah di bawah ini mungkin bisa dijadikan pertimbangan sebelum merenovasi bangunan, yaitu:

  1. Tentukan budget yang dimiliki.

Berapakah modal atau budget atau anggaran yang kita miliki atau sediakan untuk merenovasi bangunan. Apakah kita termasuk tipe orang yang memenuhi keinginan atau kebutuhan? Bila kita tipe orang yang memenuhi kebutuhan dulu baru keinginan, maka kita tidak akan serta merta menghabiskan seluruh uang yang ada di tangan untuk digunakan dalam merenovasi bangunan. Kita memang harus meneliti, seberapa besar prosentase bangunan yang ingin kita renovasi dan membutuhkan renovasi? Semua ruangan atau hanya beberapa ruangan saja.

  1. Desain bangunan sesuai keinginan dan kebutuhan.

Budget sudah kita tentukan. Untuk langkah selanjutnya adalah mendesain bangunan. Masalah mendesain bangunan ini bisa kita lakukan sendiri bila kita memiliki kemampuan untuk mendesain. Namun, bila kita tidak memiliki kemampuan untuk itu, sebaiknya kita meminta pertolongan yang ahli yaitu seorang arsitek.
Kita tak perlu khawatir untuk menggunakan jasa arsitek, karena seorang arsitek professional justru akan mengedepankan kepentingan klien daripada kepentingan sendiri. Seorang arsitek akan bertanya pada klien, seberapa besar budget atau anggaran yang klien miliki. Dan biasanya, desain bangunan yang dibuatkan akan disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Tidak rumit bukan.

Untuk merenovasi bangunan kita tak perlu mengeluarkan biaya renovasi bangunan yang banyak. Dengan anggaran yang hemat kita bisa merenovasi bangunan kita dengan tepat bila kita cermat.

Sudah seharusnya bila kita tidak hanya memikirkan masalah keinginan saja namun juga kebutuhan. Boleh jadi kita menginginkan renovasi bangunan secara besar-besaran, padahal anggaran kita tak cukup. Itu sebabnya, bersikap bijak dengan mengedepankan kebutuhan daripada keinginan adalah hal yang tepat untuk meminimalisir biaya renovasi bangunan. Setelah renovasi bangunan selesai, kitapun tak perlu pusing memikirkan hutang yang menumpuk untuk biaya renovasi bangunan.

Untuk biaya renovasi bangunan yang murah namun berkualitas silahkan hubungi kami untuk konsultasi gratis

Image Source: pinterest.com

Lima Tips Untuk Menghemat Biaya Renovasi

Ada banyak kendala yang membuat orang untuk berpikir dua kali dalam merenovasi rumah mereka, untuk membuat mereka jauh lebih indah, nyaman, dan luas. Salah satu kendala umum adalah biaya renovasi rumah, yang bisa mencapai puluhan juta karena naiknya harga bahan bangunan dan biaya tukang bangunan. Namun sebenarnya, ada beberapa cara dan metode yang membuat biaya renovasi anda jauh lebih murah dari biaya yang seharusnya. Namun apabila ini kali pertama anda melakukan renovasi rumah, anda mungkin tidak tahu apa yang harus anda lakukan untuk membuat biaya renovasi rumah anda jadi jauh lebih murah. Oleh karena itu, berikut ini adalah tips dan cara-cara yang bisa anda terapkan, agar biaya renovasi rumah anda tidak terlalu tinggi, dengan tidak mengurangi kualitas hasil akhir renovasi rumah anda.

Tips pertama: dalam menghemat biaya renovasi rumah, anda harus pertama-tama mencari dan menentukan konsep atau tema bangunan baru rumah anda dengan baik dan matang. Beberapa orang tidak terlalu yakin dengan konsep rumah baru mereka, sehingga biaya renovasi rumah akan sangat tinggi, mengikuti kehendak tukang bangunan atau arsitek yang mereka sewa. Tema dan konsep bangunan rumah baru yang matang bisa mempengaruhi biaya renovasi secara signifikan karena berhubungan dengan bahan bangunan dan jumlah tukang atau kuli yang harus disewa.

Tips kedua: menentukan kualitas dan kuantitas bahan bangunan yang dibutuhkan juga merupakan salah satu trik dalam menghemat biaya renovasi rumah. Apabila anda memiliki budget yang terbilang banyak dan menginginkan hasil yang sempurna, anda sebaiknya membeli bahan-bahan bangunan yang berkualitas tinggi. Anda mungkin bisa menghemat biaya renovasi dengan tips atau cara yang lain.

Tips ketiga: apabila memungkinkan, anda bisa menghemat biaya renovasi dengan mengurangi salah satu pekerjaan renovasi rumah. Mengurangi salah satu bagian pekerjaan renovasi dalam menghemat biaya renovasi berarti tidak mengerjakan salah satu pekerjaan renovasi, seperti memplester tembok atau mengecat tembok dengan plamir.

Tips keempat: memilih cara pembayaran biaya renovasi untuk agen renovasi, arsitek, atau tukang bangunan juga bisa membantu anda untuk mengurangi biaya. Untuk menghemat biaya renovasi, anda sebaiknya melakukan pembayaran atau menyewa secara borongan.

Tips kelima: anda sebaiknya memilih waktu yang benar dalam merenovasi rumah untuk menghemat biaya renovasi. Waktu yang terbaik dalam membangun atau merenovasi rumah adalah musim kemarau, karena selain bangunan basah cepat kering, pondasi bangunan juga akan semakin kuat.

Untuk biaya renovasi yang murah namun berkualitas silahkan hubungi kami untuk konsultasi gratis

Image Source: pinterest.com

Konsultan Terpercaya

Ketika kita ingin menggunakan jasa konsultan maka kita perlu memastikan bahwa jasa Konsultan tersebut terpercaya, alamat Konsultan  terpercaya pasti tercantum jelas di dalam websitenya. Disamping alamat Konsultan biasanya tercantum pula data-data lainnya seperti nomor telepon yang mudah untuk dihubungi dan lainnya.

Jika sebuah perusahaan Konsultan di dalam websitenya alamat Konsultan tidak tercantum maka bisa dapat dipastikan bahwa perusahaan tersebut tidaklah terpercaya. Alamat Konsultan harus tercantum jelas sehingga klien dapat dengan mudah menghubungi jika suatu hari nanti terdapat masalah.

Pada saat perusahaaan Konsultan sudah jelas alamatnya, maka perusahaan Konsultan tersebut bisa dikatakan sebuah perusahaan Konsultan yang bukan perusahaan fiktif. Pastikan juga bahwa harga yang ditawarkan oleh jasa Konsultan tersebut merupakan harga yang terbaik yang bisa anda dapatkan.

Alamat Konsultan Phoenix adalah di Renon, Denpasar, Bali.

Untuk alamat Konsultan yang berkualitas dan terpecaya silahkan hubungi kami untuk konsultasi gratis